penyakit menular seksual

PMS ( Penyakit Menular Seksual )

Penyakit menular seksual atau PMS, kini dikenal dengan istilah infeksi menular seksual atau IMS, adalah penyakit atau infeksi yang umumnya ditularkan melalui hubungan seks yang tidak aman. Penyebaran bisa melalui darah, sperma, cairan vagina atau pun cairan tubuh lainnya.

Selain itu, penyebaran tanpa hubungan seksual juga bisa terjadi dari seorang ibu kepada bayinya, baik saat mengandung atau melahirkan. Pemakaian jarum suntik secara berulang atau bergantian di antara beberapa orang juga berisiko menularkan infeksi. Condom in heart doing by womans hand

Berikut ini adalah beberapa penyakit menular seksual yang umum terjadi.
Penyakit Menular Seksual yang Disebabkan oleh Bakteri dan virus
Setidaknya terdapat 2 penyakit menular sosial yang akan akan dibahas pada artikel ini, yaitu sifilis ( raja singa )dan kutil kelamin ( kondiloma akuminata )

Sifilis

Sifilis atau raja singa adalah penyakit seksual yang disebabkan oleh infeksi bakteri Treponema pallidum. Gejala awal sifilis adalah munculnya lesi atau luka pada alat kelamin atau pada mulut. Luka ini mungkin tidak terasa sakit, tapi sangat mudah untuk menularkan infeksi. Luka atau lesi ini akan bertahan antara 1-2.5 bulan.

contoh-bahaya-sipilis-pada-pria-dan-wanita

Jika sifilis tidak ditangani, infeksi ini akan berlanjut ke tahap yang berikutnya. Pada tahap berikutnya, ruam akan berlanjut dan gejala yang mirip gejala flu seperti demam, nyeri pada persendian, dan sakit kepala akan muncul. Kerontokan rambut hingga pitak juga bisa dialami penderita.

Jika dibiarkan, sifilis bisa menyebabkan kelumpuhan, kebutaan, demensia, impotensi, masalah pendengaran dan bahkan kematian.

Untuk memastikan diagnosis sifilis, tes darah biasa bisa dilakukan. Terkadang gejala yang muncul sulit dikenali sebagai penyakit sifilis, maka segera lakukan tes darah jika mencurigai diri berisiko terkena sifilis.

Antibiotik seperti Gang jie & Gho siah digunakan untuk mengobati sifilis. Jika sifilis diobati dengan benar, tahapan sifilis yang lebih parah bisa dicegah. Hindari hubungan seksual sebelum memastikan infeksi sifilis benar-benar hilang. Pastikan juga untuk memeriksakan kesehatan pasangan Anda saat ini atau orang yang pernah berhubungan seksual dengan Anda jika Anda terdiagnosis sifilis.

Kutil Kelamin

Apa yang menyebabkan kutil kelamin?

Kutil kelamin seperti jenis kutil lainnya disebabkan oleh berbagai jenis  human papilloma virus (HPV) yang menginfeksi lapisan atas kulit. Ada 100 jenis HPV dapat menyebabkan kutil, tetapi hanya sejumlah kecil yang dapat menyebabkan kutil pada kemaluan. HPV tipe 6 dan 11 adalah yang menyebabkan terjadinya sebagian besar penyakit kelamin kutil genital. HPV penyebab kutil kelamin sangat menular dan berpindah melalui kontak seksual dengan orang yang terinfeksi.

pms sipilis dan kutil kelamin

Secara umum kutil kelamin akan muncul sekitar tiga bulan setelah infeksi. Namun dalam beberapa kasus mungkin kutil tidak akan muncul selama bertahun-tahun.Hal-hal yang dapat menyebabkan anda terkena kutil kelamin yaitu:

  • Berhubungan seksual
  • Berhubungan seks tanpa kondom dengan banyak pasangan
  • Melakukan hubungan intim dengan seseorang yang riwayat penyakit seksualnya tidak diketahui
  • Memiliki infeksi penyakit menular seksual lainnya seperti HIV atau herpes

Komplikasi Akibat Kutil Kelamin

Timbulnya kanker. Infeksi HPV adalah salah satu penyebab utama kanker serviks, kanker vulva, kanker anus dan kanker penis. Meskipun tidak semua infeksi HPV menyebabkan kanker serviks, namun sebagian besar kanker serviks disebabkan oleh infeksi HPV. Sangat penting bagi seorang wanita untuk melakukan pemeriksaan Pap Smear secara teratur. Penelitian ini mengungkapkan bahwa beberapa infeksi HPV juga terkait erat dengan kanker kepala, leher dan kanker mulut.

Masalah Pada Kehamilan. Ibu hamil yang memiliki kutil kelamin mungkin akan memiliki masalah buang air kecil. Jika ada kutil di dinding vagina maka jaringan vagina sulit untuk meregang saat melahirkan. Selain itu ada resiko sang bayi memiliki kutil di bagian tenggorokannya (laring papillomatosis). Kutil kelamin pada tenggorokan mungkin memerlukan pembedahan untuk mencegah jalan napas menjadi terhambat. Perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan dapat menyebabkan peningkatan kutil kelamin yang tumbuh, atau mengakibatkan perdarahan.

Layanan Obat dan Konsultasi Online :

DE NATURE INDONESIA

WA/SMS :0858 7706 2008 

Atau

BBM : D3A5DDA2

 BBM : 5C6FA961